Wednesday, May 8, 2019

Bekam Itu Sehat



Oleh: Zakariya al-Bantany

Bekam atau dalam bahasa Arab disebut dengan istilah hijamah, sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah cupping. Bekam adalah sebuah proses membuang darah kotor dari dalam tubuh. Darah kotor sendiri dalam dunia medis disebut dengan istilah CPS atau Cairan Penyebab Sakit, sebab darah kotor mengandung sel-sel darah merah yang sudah mati dan rusak, toksin (racun), kolesterol jahat, radikal bebas, bakteri jahat, zat-zat yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh, dan lain-lain.

Oleh sebab itulah, sebenarnya darah kotor tersebut merupakan sampah atau limbah industri tubuh kita. Yang namanya sampah atau limbah jika tetap dibiarkan menumpuk dan tidak segera dibuang, maka hanya akan menjadi sumber penyakit atau hanya akan menjadi biang penyakit belaka. Karena darah kotor tersebut sangat beracun dan sangat membahayakan keberlangsungan sistem imunitas tubuh kita, sistem syaraf dan sistem organ serta sistem hormon tubuh kita dan tentunya pun sangat mengganggu bagi keberlangsungan kinerja metabolisme tubuh kita.

Karena itulah, darah kotor tersebut harus segera dibuang di antaranya dengan cara rutin dikeluarkan melalui proses pembekaman minimal 1-2 bulan sekali. Sehingga dengan bekam tersebut akan dapat melancarkan sistem peredaran darah, membantu regenerasi sel darah merah yang baru dalam tubuh, menguatkan imunitas tubuh, menguatkan sistem syaraf dan organ tubuh dan mengaktifkan 72 macam hormon dalam tubuh, menyeimbangkan angin dalam tubuh, membuang racun dalam tubuh, dan lain-lain.

Simplenya atau sederhananya, bekam sangat baik bagi kesehatan tubuh kita dan bekam pun dengan izin Allah dapat mencegah dan mengobati berbagai macam keluhan penyakit khususnya penyakit yang terkait dengan sistem peredaran darah manusia. Insya Allah!

Rasulullah Saw. pun rajin berbekam, dalam banyak hadits diriwayatkan:

سُئِلَ أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ عَنْ كَسْبِ الْحَجَّامِ فَقَالَ احْتَجَمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَجَمَهُ أَبُو طَيْبَةَ فَأَمَرَ لَهُ بِصَاعَيْنِ مِنْ طَعَامٍ وَكَلَّمَ أَهْلَهُ فَوَضَعُوا عَنْهُ مِنْ خَرَاجِهِ وَقَالَ إِنَّ أَفْضَلَ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ الْحِجَامَةُ أَوْ هُوَ مِنْ أَمْثَلِ دَوَائِكُمْ

"Dari Anas bin Malik ra.,(ditanya) mengenai Hijamah, beliau berkata: Bahwa sesungguhnya Rasulullah Saw. berbekam (hijamah) dan memerintahkan keluarga beliau dan Rasulullah Saw. pun bersabda: 'Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah dengan Hijamah.' Hadits dari Ibnu Abi Umar juga menyebutkan demikian." (HR. Muslim, No.1577)

عَنْ أَبِي رَجَاءٍ، عَنْ سَمُرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:”أَفْضَلُ مَا تَدَاوَى بِهِ النَّاسُ الْحِجَامَةُ”. المعجم الكبير الطبراني

"Dari Abi Raja’, dari Samurah ra. berkata: Bahwa sesungguhnya Rasulullah Saw. bersabda: 'Sebaik-baik pengobatan yang manusia lakukan adalah dengan Hijamah'." (Mu’jam Kabir–At-Thabrani)

عن معوية، عن معقل بن يسار ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « الحجامة يوم الثلاثاء لسبع عشرة من الشهر ، دواء لداء سنة » القول في البيان عن معاني هذه الأخبار إن قال لك قائل : ما أنت قائل في هذه الأخبار التي رويتها لنا عن رسول الله صلى الله عليه وسلم ، من ندبه أمته إلى الحجامة ، وقوله عليه السلام : « ما مررت بملأ من الملأ الأعلى إلا أمروني بالحجامة ، وقالوا : مر أمتك بالحجامة » ، وقوله صلى الله عليه وسلم « احتجموا لخمس عشرة ، وسبع عشرة ، وتسع عشرة ، وإحدى وعشرين

"Dari Muawiyah, dari Ma’ql bin Yassar ra., berkata: bahwa Sesungguhnya Rasulullah Saw. bersabda: 'Hijamah pada hari selasa atau tanggal 17 adalah pengobatan yang disunnahkan. Dijelaskan bahwa diceritakan mengenai Pengobatan dengan Hijamah dan dikatakan bahwa: Rasulullah Saw. bersabda: “Aku tidak diperintah oleh Para Malaikat pada Malam Isra' kecuali mereka (para Malaikat) itu berkata: 'Kerjakan Hijamah, ya Muhammad'. ”Dan mereka (para Malaikat) itu juga berkata Perintahkan Umatmu berhijamah. Rasulullah Saw. bersabda: Hendaklah berhijamah (berbekam) pada tanggal 15, 17, 19 dan 21”." (Ma’rifatu Shahabah dan Mu’jam Kabir At-Thabrani)

Wallahu a'lam bish shawab. []

Jadi, bekam itu sehat dan berpahala. Yuk segera berbekam..?! Mau..?!

Fanpage di Facebook

Popular Posts

Search This Blog